cover
Contact Name
Eko Nur Hidayat
Contact Email
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Phone
+62248446272
Journal Mail Official
ekonurhidayat@akpelni.ac.id
Editorial Address
Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Gajahmungkur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Majalah Ilmiah Gema Maritim
ISSN : 14112302     EISSN : 2656629X     DOI : https://doi.org/10.37612/gema-maritim
Core Subject : Engineering,
Majalah Ilmiah Gema Maritim adalah majalah ilmiah yang terbit enam bulanan. Lingkup bidang ilmu adalah ilmu terapan meliputi permesinan, kelistrikan, perawatan permesinan, pneumatic, sistem kontrol, elektronika, navigasi, keselamatan, astronomi, stabilitas kapal, logistik, eksport import, kepabeanan, kepelabuhanan, transportasi laut, bahasa, teknologi informatika dan komunikasi. Artikel yang akan diterbitkan dialamatkan ke editor. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk pemuatan artikel tersedia di setiap terbitan. Semua artikel yang dikirimkan akan diseleksi melalui proses review oleh reviewer (mitra bestari). Majalah ini terbit secara berkala setiap 6 bulanan, yaitu di semester Gasal bulan September dan Semester genap bulan Maret
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019" : 9 Documents clear
Optimalisasi Pemanfaatan Full Mission Ship Handling Simulator dalam Meningkatkan Kompetensi Bernavigasi Taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Barombong Nanang J S; Ratna Dwi Kurniawan
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1191.854 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh seberapa besar optimalisasi pemanfaatan Full Mission Ship Handling Simulator terhadap peningkatan kompetensi bernavigasi taruna BP2IP Barombong. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan Full Mission Ship Handling Simulator dinilai dapat meningkatkan kompetensi ( pengetahuan dan keterampilan ) taruna dalam bernavigqsi. Untuk menguji pengetahuan, taruna diberikan soal ujian tertulis dan untuk menguji keterampilan, taruna diberikan ujian praktik harus menyelesaikan skenario di simulator. Dari hasil ujian semester dua angkatan 58 tahun diklat 2018/2019 didapatkan nilai rata-rata ujian teori 70,54 dan ujian praktik 68,85. Sedangkan untuk semester dua angkatan 59 tahun diklat 2018/2019 didapatkan nilai rata-rata ujian teori 78,24 dan ujian praktek 68,13. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa inovasi dalam pendidikan kepelautan dengan praktek menggunakan simulator sebagai salah satu model pembelajaran adalah sangat baik, namun proses pembelajaran teori di kelas dengan system konvensional dan menggunakan teknologi pendidikan tetap dilakukan karena memegang peranan sekitar 22-33%.
Studi Perbaikan Kerusakan Ejector pada Sistem Pembuangan Ballast di Kapal MV. Sari Indah Rio Irfan Aziz; Eka Darmana
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1209.324 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.23

Abstract

Ejector adalah komponen penting dalam sistem pembuangan ballast yang berfungsi untuk menghisap ballast dari tangki ke laut lepas menggunakan vakum dari tekanan rendah yang dihasilkan oleh nozzle dan cairan penggerak. Mengingat pentingnya peranan ejector di sistem pembuangan ballast, maka prosedur dalam pembuangan ballast harus dilakukan dengan benar sesuai dengan manual book, dan perawatan terhadap komponen di dalam sistem pembuangan ballast harus selalu diperhatikan. Tujuannya dari perawatan komponen tersebut agar selalu siap digunakan untuk kegiatan deballasting selama proses bongkar muat MV. SARI INDAH di pelabuhan.Berdasarkan hasil observasi, ada beberapa komponen dalam sistem pembuangan ballast yang mengalami kerusakan seperti ejector, manometer, dan valve penghubung antara tangki ballast dengan ejector yang harus diganti. Penggantian komponen ini dilakukan demi kelancaran proses bongkar muat. Sistem pembuangan ballast akan bekerja dengan baik apabila pengoperasiannya dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada di manual book. Jika mengalami masalah segera melakukan perbaikan supaya tidak menghambat proses bongkar muat.
Pengaruh Komitmen dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi pada Akpelni Semarang Tini Utami
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1212.001 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.24

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan untuk menguji tentang Pemgaruh Komitmen dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan dengan motivasi kerja di Akpelni Semarang . Dalam Penelitian ini menggunakan survey dengan Responden seluruh karyawan pada AKPELNI Semarang dengan jumlah sebanyak 76 orang, sedangkan jumlah sampel yang akan diambil adalah seluruh anggota populasi dan metode yang digunakan adalah sampling jenuh. Adapun Hasil pengujian dengan menggunakn uji hipotesis yang digunakan yaitu uji signifikansi individual (t test) yaitu untuk menguji signifikansi variabel bebas yang terdapat dalam persamaan regresi secara individu berpengaruh terhadap nilai variabel terikat.
The Analyses Of Grammatical Aspect Of Number and Gender From English Into Indonesian Novel Translated by Silamurti Nugroho Haryani Haryani; Yusi Rahmawati
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1214.582 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.25

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan tentang bagaimana seorang penerjemah Indonesia mengartikan makna number dan gender seperti yang dianjurkan oleh Mona Baker. Disamping itu, metode deskriptif qualitatif dan content analysis telah digunakan dalam menganalisa data, dan diambil hanya sebesar 20% dari keseluruhan objek yang dikaji. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1). Penggunaan number dengan kategori SS adalah sebesar 917 (61%); sedangkan kategori PS dan PP hampir memiliki nilai yang sama, yaitu 314 (21%) dan 264 (17%); namun untuk kategori SP adalah hanya 22 (1%); 2). Penggunaan Gender notion di GN adalah sebesar 248 (55%), dan NG adalah sebesar 207 (45%); 3). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerjemah telah berhasil melakukan penerjemahan terhadap teks tersebut dalam notion Number dan Gender di dalam novelnya.
Pengaruh Human Relation, Kondisi Fisik Lingkungan dan Organization Based Self-Esteem Terhadap Etos Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan BPR Kedung Arto Semarang Iik Suryati Azizah
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1217.092 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.26

Abstract

This research intent to test Subjective implement effectiveness Human Relation, Condition of Environment Physical, Organization Based Self Esteem to job and Performance Ethos. Base former observational result, condition of environment physical constitute molded environment of implemented subjective human squire. Relationship among human contain mean a communication since its character that orientation on behavioral. Therefore, organization righteously has give freedom to fire an employee to get that communication they can collaborate properly in their work. This research is done on BPR Kedung Arto at Semarang. Method that is utilized as method of census via pervading questionnaire of population a number 102 person. Two phase regression analysis is utilized as quantitative analysis. Coefficients arithmetic result determinant totaled point out that 72% changing variable dependent can be worded by independent variables. Meanwhile its rest as big as 28% worded by outdoor other variables model observational. Hypthothesis testing result partially of each step points out to mark sense influence positively and significant of job Ethos to Performance. Hereafter, Human Relation, Condition of Environment Physical and OBSE each have influence positively and significant to job Ethos.
Pengaruh Disiplin Kerja, Kemampuan dan Lingkungan Kerja Terhadap Penerapan ISO 9001 di Smk Akpelni Semarang Budi Purnomo; Iik Suryati Azizah
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1219.538 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.27

Abstract

Setiap organisasi dituntut untuk dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam organisasi tersebut terutama sumber daya manusianya. Pengelolaan sumber daya manusia tidak lepas dari faktor karyawan yang diharapkan dapat berprestasi sebaik mungkin demi mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Akpelni Semarang yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, kemampuan kerja dan lingkungan kerja terhadap ISO 9001. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 70 responden. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent, namun sebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas serta uji persyaratan. Hasil penelitian menunjukkan disiplin kerja, kemampuan kerja dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap ISO 9001 di SMK Akpelni Semarang.
Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Online Service Terminal Petikemas Koja Jakarta Irena Relani; Eko Nur Hidayat
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1221.992 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.28

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tentang dampak Revolusi Industri 4.0 terhadap Online Service Terminal Petikemas Koja Jakarta dari sistem pembayaran, pelayanan yang ada di prosedur dan realisasinya di lapangan. Dalam penyusunan karya tulis ini, Penulis menggunakan beberapa metode atau cara dalam pengumpulan data, yaitu: Metode observasi, Metode Wawancara, dan Metode Kepustakaan. Dari pembahasan diperoleh bahwa pengaruh revolusi industry 4.0 sudah terasa di beberapa sistem pelayanan seperti E – ticket & KIOSK walaupun masih dilakukan dengan semi otomatis, belum ada aplikasi online service secara real time terintegrasi. Hal ini membuat custumer masih harus datang memberikan data secara fisik, karena belum bisa diakses dimana saja dan kapan saja.
Peranan Chief Engineer dalam Meningkatkan Produktifitas Kerja di Engine Room pada Mt. Griya Flores Victor Wiku Widyo Bharoto; Budi Purnomo; Puryadi Puryadi
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1224.31 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa jauh peran dari Cief Engineer dalam meningkatkan produktivitas kerja dikapal terutama pada bagian mesin. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan pengamatan langsung dilapangan ketika penulis bekerja menjadi masinis di atas kapal tanker MT.Griya Flores milik dari PT.Humpuss Transportasi Kimia - Jakarta Selatan. Adapun pengamatan yang dilakukan antara lain: Melakukan pengamatan secara langsung kondisi diatas kapal khususnya dikamar mesin saat penulis berada diatas kapal. Penulis juga melakukan pencatatan dan monitoring langsung kinerja dari Kepala Kamar Mesin dan beberapa perwiral mesin kapal dan beberapa data. Mengingat begitu banyak masalah yang timbul dalam pembahasan penelitian, penulis membatasi lingkup bahasan permasalahan ini khususnya hanya pada masalah organisasi dan administrasi personal pada MT. Griya Flores Untuk lebih memudahkan pembahasan masalah setelah diidentifikasi masalahnya, maka dilaksanakanlah pemilihan masalah sesuai USG, adapun USG itu sendiri adalah sebagai berikut (Urgency adalah masalah yang apabila tidak segera diatasi akan berakibat fatal dalam jangka waktu panjang. (Seriousness) adalah masalah yang apabila terlambat diatasi akan berdampak fatal terhadap kegiatan tetapi berpengaruh pada jangka pendek. (Growth) Adalah masalah potensial untuk tumbuh dan berkembangnya masalah dalam jangka panjang dan timbulnya masalah baru dalam jangka panjang. Identifikasi Masalah Bahwa sehubungan dengan produktivitas kerja yang rendah penulis telah mengidentifikasi beberapa masalah, antara lain Timbulnya Kejenuhan Kerja Perbedaan latar belakang budayaAkibat perbedaan bahasa, SDM Kurang terampil ,Kurangnya disiplin kerja membuat ABK mesin terampil agar operasional kapal lancar. Peranan tugas dan tanggung jawab Cief Engineer yang berlaku di lingkungan perusahaan dalam meningkatkan kelancaran operasional kapal, Peningkatan keterampil ABK mesin dalam Bekerja, Menegakkan disiplin kerja Disarankan kepada seluruh perwira di atas kapal untuk meningkatkan kemampuan manajemen, agar supaya dapat mengatasi setiap permasalahan yang bersangkutan dengan kerja di kamar mesin, sehingga produktifitas kerja dapat dicapai semaksimal mungkin.Untuk mempromosikan seorang masinis untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi, sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan ijazah yang dimiliki tetapi juga mempertimbangkan pengalaman kerja diatas kapal, serta prestasi selama kerja. Cief engineer sebagai pimpinan tertinggi di Engine room agar lebih mendalami masalah manajemen dan kepemimpinan yang baik agar dapat membimbing dan mengayomi anak buah kamar mesin
Optimalisasi Pemakaian Shore Crane Dalam Pembongkaran Muatan Concentrate di Pelabuhan Khusus PT. Smelting Gresik Muhammad Arif Rahmat; Cahya Fajar Budi Hartanto; Gita Kusumawardani
Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 21 No 2 (2019): Gema Maritim Vol 21 No 2 tahun 2019 tanggal 30 September 2019
Publisher : Politeknik Bumi Akpelni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1224.334 KB) | DOI: 10.37612/gema-maritim.v21i2.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembongkaran muatan curah jenis concentrate di pelabuhan khusus PT. Smelting Gresik dan mencoba memberikan solusinya. Permasalahan tersebut mengakibatkan keterlambatan proses operasi kapal di pelabuhan sehingga proses produksi di perusahaanjuga menjadi kurang efektif dan efisien. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pihak terkait serta observasi langsung selama 9 bulan di MV. Arfianie saat sandar dan melakukan kegiatan pembongkaran di pelabuhan. Metode penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan, disimpulkan bahwa terdapat 2 penyebab kurang optimalnya pemakaian shore crane. Pertama, karena kurang terampilnya operator yang mengoperasikan shore crane. Kedua, karena faktor dari peralatan itu sendiri yang jumlahnya terbatas sehingga tingkat pemakaiannya cukup tinggi tetapi perawatannya kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti merekomendasikan adanya pendidikan dan pelatihan untuk operator crane dan tenaga kerja bongkar muat serta jika memungkinkan diadakannya regenerasi dengan yang lebih muda dan profesional. Selain itu, juga harus dilakukan peningkatan perawatan secara berkala. Dengan demikian diharapkan tidak ada kendala lagi yang dapat menghambat operasional kapal maupun perusahaan itu sendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 9